Istano Basa Pagaruyung, Kab. Tanah Datar, Padang, Sumatera Barat, Indonesia

Gambar

WAAAWW… indah banget ini istana. Yah, dan ini adalah sebuah istana di Kab. Tanah Datar di Padang. hal pertama yang ingin ingin ingin ingin saya lakukan pada saat saya di Padang adalah MASUK ke dalam rumah Gadang ini. NICE. Alhamdulillah bisa masuk🙂 dan istana pula. saya penasaran sama yang namanya rumah gadang, dalemnya kira” kaya apa ya? dan kenapa atapnya itu khas banget. yuk masuk! oia sedikit sejarah, ternyata yang tidur di dalam itu adalah para perempuannya aja, yang laki”nya tidur di mesjid/bangunan ibadah.🙂

usut punya cerita. ternyata ini istana abis kebakaran, dan masih dalam tahapan renovasi. ini dia dalemnya…. WAW. penuh dengan tiang dan LUAS. dannnnnnnn Subhanallah sekali deh, ukiran, lantai, sampai atapnya dari kayu. saya kira, semua kayu ini adalah kayu jati, dan SALAH. ternyata kayu jati (dari tanah jawa) tidak digunakan sama sekali dan bahkan ga tau kenapa katanya sih emang ga boleh masuk kayu jati ke Padang. ??? hmmm.. katanya sih.

ini dia bagian atapnya.. kereeenn.. ukirannya itu, diukir sendiri loh. anyaman di temboknya juga “hand made”.🙂 WOW.  ini istana  tingkat 2. Di istana ini terdapat Rumah Beduk (gunanya untuk bedug sholat), ada juga bangunan di kanan kiri istana yang gunanya untuk menyimpan upeti.

ini adalah ruang makannya.. ngeliat jendelanya baru sadar kalo rumah ini miring yak?? hahah. ternyata pilar-pilar rumah ini miring loh. NICE.😀 seneng banget masuk rumah gadang. di bawah ini adalah anyaman” yang ada di setiap dindingnya, antara ruang makan dan ruang utama, anyamannya itu beda”, dan atapnya itu dari Ijuk. ini yang unik banget, jadi atapnya itu sengaja dari ijuk supaya kl hujan dia akan menyerap air dan akan berfungsi saat panas (sebagai AC), biar adem coy🙂 oke banget udah itu.

KEREEN!😀

ada yang unik lagi dariistana ini, ada satu tiang yang ga habis kebakar pas kejadian kebakaran dahulu. yaitu tiang yang ada di tengah-tengah istana, itu tiang bener” ga kebakar.🙂 yang baru saya tau lagi adalah, filosofi tentang suatu tiang yang ga nyentuh tanah, jadi tiangnya itu ngegantung, katanya sih artinya adalah orang minang itu selalu menyelesaikan masalah secara bersama-sama (musyawarah). hebaat🙂 ini INDONESIA.

ini adalah gambar dari halaman belakang istana. masih lluaas banget. asri dan sejuk. hehhe :)Terima kasih Kabupaten Tanah Datar atas istananya🙂 senang berkunjung ke sini, semua orang yang saya temui pasti RAMAH.🙂 next saya bakalan cerita tentang makanan khas Padang, bukan cuma nasi Padang doang ko😀 banyaaak!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s