Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

MAKASSAR ! ini dia kota yang akan saya ceritakan sekarang, yang paling banyak adalah mengenai KULINER, menarik😀 hari pertama dateng, diajak ke sebuah pesta (hajatan) ibu kantin yang mau naik haji.

1. Namanya Banyak

saya ga tau namanya tradisi atau apa, tp tempat ngambil makan berat dan kue” dipisah, sy juga cukup wah pas ngeliat ada kue” khas makassar disajikan juga di acara hajatan. yang kuning itu namanya cucuru bayao, katanya 1 buah kue dibuatnya dari telur 1 buah, jadi rasanya manis sekali. ada bolu, ada puding lapis (MAK, kalo yang ini mantep dah) soalnya dia kaya kue lapis tapi ini puding yang lapisanya adalah biskuit. selanjutnya ada puding coklat bersaus putih (kelapa) namanya puding kelapa muda ji.

2. Barongko

Nah kalo yang ini, katanya sih makanan yang jarang banget disajikan, maksudnya disajikan pada saat acara-acara penting aja, dan saya makan. rasanya? ENAK ENAK ENAK. manisnya pas, pisangnya kerasa. mantaaappp.😀. sayang, perut saya udah full, ga nampung ampe abis deh ini makanan.

3. Songkolo

Kalo sangkolo ini saya kira nasi kuning, ga taunya ketan kuning, rasanya hampir mirip seperti nasi kuning, tapi lebih berasa rempahnya.😉  katanya makanan ini bisa dicampur sama daging juga,. ENAK ENAK.

4. Saraba

Ini namanya saraba, minuman jahe khas makassar, klo menurut saya rasanya sama kaya beras kencur, serius deh jahe banget. kalo di Bandung namanya bandrek. TAPI bedanya, ada yang pakai telur, biasa, dan susu. Minum ini enaknya malem-malem, dan disajikan bareng pisang goreng dan singkong. Mangstapp bung.😀

5. Songkolo Bagadang

Makassar terkenal salah satunya adalah ikan teri, ini makanan ENAK banget katanya. mau makan malem? coba yang ini, nasi ketan dengan lauk ikan teri, telor dan kerupuk. JUARA! ga ada dua, pengen lagi deh kalo udah makan ini. bedanya sama songkolo yg di atas adalah warnanya dan yang ini ada saat malam hari katanya. harus coba!

6. Coto

Kalo ke Makassar ga makan coto Makassar rasanya aneh, harus maksa makan ini.😀😀 Rempahnya JUARA! enak deh, makan ini biasanya pake ketupat katanya, pake nasi juga bisa. ENAK ENAK ENAK.

Terima kasih Makassar ! Terima Kasih Ibu Kantin Kelautan UNHAS. Terima kasih teman” Kelautan UNHAS. Makassar saya cinta sekali tanahmu. Semoga ada kesempatan lagi ke sana. AMIN.😀 ;D semua makanan di sini ENNNNAAAK semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s