Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Penelitan teman, adalah berkah buat saya.😀 sekalian bantu penelitian sekalian liburan, NICE. kali ini KARIMUNJAWA. denger” dari orang sih bagus, visibility sampai 15m, dannn ini dia KARIMUNJAWA.

awalnya saya kira karmun hampir sama dengan pulau” lain, ga taunya ada gunungnya juga disini, dan pulau ini besar dibandingkan Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu. saya kira pulau karimunjawa ini cuma 1 to, eh ga taunya pulau karimunjawa ini adalah pulau terbesarnya, masih banyak pulau” kecil disekelilingnya.

kebetulan sy nginepnya di wisma HAMFAH, ini tmpt emang buat mahasiswa bgt deh, satu orang perhari bayarnya 75rb udah sama makan 3x. HEBAT! semua fasilitasnya dijamin banget deh, dr mulai nyewa kapal, alat selam sampai tiket pulang bisa dibantu urusin.. RAMAH bgt bapaknya. dan selidik punya selidik, ini yg punya wisma ternyata kepala desanya. WOW!

hari pertama , karna sy judulnya lg bantu penelitian, langsung ke tempat TKP, yaitu Pulau Menjangan Besar. letaknya persis di depan dermaga Karimunjawa, sehari 2 stasiun. Di satasiun ke 2, yaitu deket penangkaran hiu yg terkenal itu saya nemu ikan ini nih……

LION FISH” salah satu ikan beracun dan suka menyengat. saya ketemu ikan ini di kedalaman semata kaki deh, kagetttt! cuma pake sendal aja soalnya pas ngambil sampel. hahha😀 kocak banget deh pas ketemu ini ikan. “woi, liat deh ini ada lion fish, bwaaaaaaa (sambil kaget tp pengen foto juga)”. akhirnya tmn” sy kabur duluan, dan saya tetep nekat mau foto dulu. hahhaha. serunya asik😀.

hari kedua, berangkat rada siangan, nunggu air surut dulu. sambil jalan ke dermaga, sambil nengok kanan kiri, SEPI abis. ini org” yg 1 kapal fery ama kita pada kemana ya?? ga taunya, orang” yg emang tujuannya wisata dan ikut paket wisata, udah pergi dari pagi dan pulangnya magrib. jadi kl siang, pulau karimunjawa ini bener” dihuni penduduk aslinya.

sambil nunggu air surut kita main ke pantai ujung utara karimunjawa (lupa namanya), saya kira karimunjawa ini bener” dikelilingin terumbu karang full, faktanya gosong yang keliatan itu hampir semuanya pasir dan koral massive (jarang” letaknya itu juga).   tp ini baru bagian utara ke selatan dari sebelah timurnya aja yg  saya liat. sekalianya ada softcoral, ada nemonya loh… cantik deh🙂. ini kedalamannya cuma 1 meter, uda bisa liat nemo….🙂 kurang puas liat terumbu karang yang ada di utaranya pulau karimunjawa, saya berangkat ke Pulau Menjangan Kecil. katanya bagus banget….. dan liat ini……

pas kalian nyemplung buat snorklingan, ikan”nya langsung nyamperin… banyaaaakkkkkkk. Subhanallah. kata mas” kapalnya kl bawa roti lebih banyak lagi dari ini. dan sy pun penasaran buat snorkling, kedalaman sekitar 7-8 meter masih jernih, bener” kaya taman bermain, soft dan hard coralnya beragam, jalan kesana sini diikutin ikan, awalnya seru bgt, banyak ikan, TAPI, lama” jadi takut juga makin banyak ikan yang nyamperin. HAHAHHA. ini sangat amat kocak! kya mau dimakan ikan.😀 ga lama” snorkling langsung cus ke TKP penelitan lagi. DAN SAYA PUAS.

TKP hari kedua adanya deket konservasi raptor (elang). ternyata ada juga konservasi elang di karimunjawa. juaraa! tambah kagum deh. di depannya ada tempat perteluran penyu” yang jadi icon karimunjawa.  dan selesaiii penelitian di 4 stasiun, besok adalah hari pertama puasa. puasa di Pulau utk pertama kalinya. dan jalan”..

hari ketiga ini hari istirahat.. hari pertama puasa main” ke BTNKJ, ga taunya diajak jalan” keliling Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemojang. berkah Ramadhan nih, ALhamdulillah.😀 . keliling pulau yg keliatan sebelah kanan gunung dan sebelah kirinya laut. TOP.

di KARJAW ada Tracking Mangrove nya loh, panjangnya kl ga salah 600m. kanan kirinya mangrove semua, tapi belum tembus ke pantainya, katanya sih mau ditembusin ke pantai. bagus, teduh.🙂 buat mengenal jenis” mangrove bagus vbanget, soalnya ada keterangan jenis”nya. abis main di tracking mangrove, saya di ajak ke pantai Baracuda., di sini Pantai utaranya Pulau Kemojang ini, BIRU CANTIK KEREN DLL, ada pusat rehabilitasi dan perlindungan lumba” juga tempat penetasan penyu semi alami.

NEXT. ke Pantai Batu Putih (kl ga salah ini deh namanya). pertama pas jalan masuk ke pantai ini sy cuma liat rumah adat makassar dan jawa. bagus coy, kayunya dan ukirannya bagus bgt. tapi  mana pantai nya? tanya dan bertanya, katanya rumah” adat itu dibangun ut mencirikan orang yg tinggal di sana itu adalah org” Makassar Jawa dan Madura. KEREN! dan ga taunya di belakang rumah” adat itu ada jalan ke pantai Batu Putih ini, namanya batu putih soalnya batunya warna putih kali ya.. kaya di Belitung batu”nya. ombaknya coy, gede amat.😀

malemnya, kita nge gaul di alun” karimunjawa..😀 alun” ini rame sangat deh, ternyata emang bener, kl malem pulau ini rame. toko” souvenir juga bukanya malem. oke malam terahir di karimunjawa.. packing nyokk.

kapal cepat kartini berangkat jam 11. semuanya udah siap diangkut. sambil nunggu beca yg jemput. sy sm temen sy heran, dari pertama sy di sana, motor plat merah sm mtor 1 lg yg ada di dpn wisma, kuncinya selalu nyanngkut, dan anehnya bsk nya masih ada aja tu motor. Ini pelajaran yang WAH BANGET. ternyata, motor itu boleh dipake SIAPA aja, dan pasti dikembalikan ke tempat itu lagi. KEPERCAYAAN yang sangat” deh, HEBAT! udah penduduknya RAMAH, dan asas KEPERCAYAAN yang keren bgt.

terimakasih Pulau Karimunjawa, Terimakasih BTNKJ, Terimakasih Pak Arif dan Mas Kuntet, terimakasih telah memberikan pengalaman yang WAH utk saya dan teman” saya,🙂 sy belum puas melihat pesonanya, semoga ada kesempatan lagi ke sana. AMIN,😀

6 pemikiran pada “Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

  1. nice experince!! bawain dong jeung ke jatingor lion fish nya. trus kita pelihara deh di kolam ciseke. hahahah

    ehh eh jeung, tiba2 kepikiran boleh saya coba masukin di Media Indonesia ga?? wktu itu pernah nulis disana juga. kt coba masukin yg ini. how how?? *excited

  2. keren banget lah teteh jalan-jalannya… menginspirasi… makin bangga dan cinta ma LAUT…hehhe

    *ditunggu tulisan-tulisan selanjutnya…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s