Galeri

Pulau Biawak, Indramayu, Jawa Barat

Saya baru tau ada Pulau Biawak ini pas lagi kuliah lapangan Biologi Laut dan MPI. Jarak pulau ini dari Indramayu cukup jauh, memakan waktu 5 jam perjalanan laut. WEW. Kesan pertama liat, pulau ini biasa aja. LEBIHNYA pulau ini banyakkkkk Biawaknya.. secara ini pulau namanya Pulau Biawak. Tidak banyak bangunan yang saya lihat saat pertama kali ke pulau ini, Mercusuar dan Rumah Dinas.

Itu Kejadian 16 Mei 2009, dan ini cerita saya selama 5 hari di Biawak pada tahun 2011  pada saat saya penelitian..

SELAMAT DATANG DI KKLD PULAU BIAWAK

Kalo ke pulau ini, siap” ga ada sinyal. HP di museumin dulu lah yaa… Tapi bukan berarti ga ada tv loh, ada tv nya 1, Cuma nyalanya sesuai nyala genset. Genset selalu dinyalakan jam 18.30 dan dimatikan jam 02.00,. mau menginap? Ada messnya… jangan takut sakit badan, tidurnya pakai spring bad, kalo dihitung” kira” ada 3 rumah yang dapat digunakan untuk wisatawan. Satu rumahnya dapat di isi 6-7 orang. Selain rumah untuk penginapan, di sini juga ada 2 rumah untuk penjaga pulau. Penjaganya baik sekali, namanya Pak Manto, kebetulan pada saat disana beliau yang sedang tugas jaga. Sarana lain ada 1 kamar mandi, dan sumur. yang paling penting jangan lupa bawa makanan. kecuali kalo mau niat mancing.

disini ada mercusuar dari jaman belanda, woooo tinggi banget, naikinnya aja harus mengusir semua ketakutan, dan pada akhirnya sy bisa (meskipun pada hari terkhir sy disana) hahha. :)

dannnn… dari atas bisa keliatan pemandangan kaya di atas ini.. kereeenn, serasa ngeliat amazon dr atas,, tp yang ini lebih juara, soalnya Indonesia yang punya.. :D

PALING SPEKTA adalah,, kemon LET’S DIVE.. ga nyangka kl pas bulan ini keadaan lautnya kereen banget. banget. cuma ada di BIAWAK ISLAND. visibility bisa nembus sampai 10m. jangan lupa bawa kamera underwater yaa… :)

WWuii, ini salah satu foto underwater yang saya suka.. berwarna. ceria. haha. jika digambarkan secara deskriptif  mengenai bagaimana keadaan dalam airnya, saya ingat kata” teman saya : “kaya taman bermain ya tu di bawah”. :) ga semua spot kaya gini, ada spot yang banyak rubble karangnya (pecahan” karang akibat penangkapan ikan menggunakan peledak). SANGAT  disayangkan ya, padahal ini merupakan aset untuk Indonesia.  Puas menjelajah alam bawah lautnya.. ga asik kalo ga makan ikan hasil memancing hari ini…

Pagi ini sebelum berangkat dive, kita pasang jebakan betmen. baru di simpen, eh, banyak ikan yang nyangkut. alhasil malam ini kita makan ikannn….. paling banyak ikan kerapu, mantaaaapp.. rasanya manis, soalnya fresh banget.

Setelah seminggu, ucapkan selamat tinggal Pulau Biawak, terima kasih telah menerima kami dengan memberikan suasana yang indah sekali. Saya ingin ke Pulau ini lagi. sangat.

Terima kasih kepada : Archie Fajanuarsyah, Andy Catur Noviyanto, Zikri Sudrajat, Najma Amir Fatah, Aldy Bismar, Sersan Anton.

18 responses to “Pulau Biawak, Indramayu, Jawa Barat

  1. wah, menarik banget, udah pernah denger sih pulau biawak tapi ga pernah ada niat kesana…

    Thanks infonya

  2. emang teh harus lebih dikonservasi dan dieksplor lagi daerah ini, waktu aku dan geng biawak kesini abis lebaran 2011 keliling pulau ini jalan kaki, wooow amajing banget tapi yg memprihatinkan ada pulau yg gt yg terbuatnya alami dr label terumbu karang yg mati, baru kali itu lah snorkeling didaerah cakep banget dan jarang dan sepi serasa pantai pribadi haha,

  3. subhanallah ternyata jabar punya juga gili trawangan seperti di Lombok, begitu saya dengar pulaunya sangat eksotis, saya jadi ingin kesana padahal saya sering sekali ke Indramayu, saya berharap ada rekan rekan backpacker untuk mempromosikan pulau ini keluar negeri, sehingga ada alternative lain untuk para penggemar snorkcling maupun para diving menikmati keindahan bawah laut di jabar ini.

    • Alhamdulillah masih ada Pulau di Jabar yang masih alami dan bagus, dan ini cuma ada di Pulau Biawak. Sekarang sudah banyak promosi mengenai Pulau Biawak ini, salah satunya dalam hal wisata divingnya, di fb ada grup Biawak Scuba Diving, ini salah satu komunitas yang selalu rutin mengadakan diving di Pulau Biawak. kl mau wisata kesana, saran saya bawa anggota sebanyak”nya. :D kan sepi :)

  4. biawak scuba diving

    weh…weh…wehhhh jd kagum, thenks bgt buat mbak yg satu ni dah bekunjung ke pulau biawak dan exposes… yg lain & yg lum bkunjung kami tunggu kunjungan anda di pulau biawak pulau ga kalah menarik keindahan panorama bawah lautnya,terumbu karangnya,ikan2 hias karang cantik dengan pulau2 lainnya. pasti sweeeeruuuuu dechhh

  5. kalo gw nikah mau akad nikahnya di pulau ini,,,hahahhaha

  6. mba…keren yah..cuma naek kapalnya 5 jam yah?mabok laut gk yah?kapal nelayankah?ak mo ikutan kesana ada yg mo trip bareng backpaker sih…tapi aman kan naek kapalnya,agak parno ha…xx tp mdh2an lancar he…xx

  7. o iya mbak…lupa budgetnya dl brp yah?

    • keren banget deh tempatnya :) cuma kalo mau kesana, biat airnya tenang dan bagus sih sekitar bulan april mei. lagi musim peralihan :) bagus banget deh, arusnya ga kenceng. naik kapalnya 4-5 jaman ko. kapalnya seminggu udah sama muter” itu 2.5an, kapasitas 7 orang lah sama barang” persediaan untuk seminggu. iya itu kapalnya kapal nelayan, tp sebenernya ada kapal yang lebih bagus lg sih, tinggal nego aja. :)) insya allah sih kl cuaca bagus mah lancar… semoga lancar.

  8. pengen kesana nih, mumpung mau ada jeda liburan
    kira2 biaya kesana berapa ya?
    sewa kapal?penginapan?makan?
    ala backpack nih hehe
    tengkyu :)

  9. pengen bgt explore ksna, tp kira2 bulan apa ya yg cuaca lautx bersahabat??

  10. saya sempet denger juga ,cma agak ga percaya cz beritanya ga nyebar2 bgtt…

  11. I have to thank you for the efforts you have put in penning this
    blog. I am hoping to see the same high-grade content from you later on as
    well. In fact, your creative writing abilities has encouraged me to get my
    own blog now ;)

  12. Pulaunya wow banget, jadi pengen kesana, sekalian minta ijin buat ambil gambar ditempel di blog or web (sekarang sih belum bikin) :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s